Kenapa Login My SAPK BKN Gagal, Tidak Bisa Masuk

Kenapa Login My SAPK BKN Gagal — My SAPK BKN merupakan sebuah aplikasi pelayanan kepegawaian negri dari Badan Kepegawaian Negara. Fungsi dari My SAPK BKN sendiri adalah untuk memudahkan PNS mengakses data-data kepegawaian.

Saat ini My SAPK BKN bisa Anda akses melalui aplikasi web dan juga mobile. nah admin akan bagikan Cara Anti Gagal Untuk Login Aplikasi My SAPK BKN

Namun masih ada beberapa PNS yang kebingungan dengan cara login di My SAPK BKN. Simak pembahasan kali ini untuk mengetahui cara login My SApk BKN

Sebelum berbicara lebih jauh tentang penggunaan apikasi My SAPK BKN maka terlebih dahulu kita harus memahami apa itu aplikasi My SAPK BKN serta apa tujuan dilakukan pemutakhiran data mandiri ASN melalui aplikasi My SAPK BKN.

Berikut ini penjelasan tentang My SAPK BKN serta tujuannya :

My SAPK BKN adalah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi, agar dapat mengakses data kepegawaian, di antaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan

MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil.

My SAPK BKN adalah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian Badan Kepegawaian Negara yang berfungsi untuk memudahkan PNS di seluruh instansi, agar dapat mengakses data kepegawaian, di antaranya Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen dan lainnya. Sehingga diharapkan data kepegawaian secara nasional akan lebih akurat.

Sekilas My SapkBKN

MySAPK adalah aplikasi berbasis teknologi seluler untuk Pegawai Negeri Sipil yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS Nasional untuk informasi Profil Pegawai Negeri Sipil.

My SAPK BKN adalah Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian BKN yang bertujuan memudahkan PNS di instansi mana pun untuk mengakses data kepegawaian.

Mulai dari Data Profil PNS, KPE Virtual, Notifikasi Layanan Kenaikan Pangkat dan Pensiun, E-Lapkin, Data KTP, BPJS Kesehatan, Taspen, dan lainnya.

Melalui sistem My SAPK ini, PNS dapat melakukan pemutakhiran data dan pembaharuan riwayat pribadinya masing-masing secara mandiri. Dengan demikian, data kepegawaian secara nasional menjadi lebih akurat dan terpusat.

Adapun data yang bisa di-update oleh PNS aktif di My SAPK BKN mencakup identitas pribadi mengenai pegawai PNS tersebut secara garis besar.

Antara lain, data utama pegawai, posisi, jabatan, golongan, data SKP, data diklat, data pendidikan, data penghargaan, data prestasi, dan data kursus.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek profil PNS, yakni lewat aplikasi dan website resmi My SAPK.

Cara Login Aplikasi My SAPK BKN


Aktivasi akun MySAPK BKN dapat dilakukan dengan cara (pilih salah satu) : Kunjungi laman https://mysapk.bkn.go.id/ untuk melakukan aktivasi MySAPK BKN berbasis web, atau; Unduh dan install aplikasi MySAPK BKN berbasis android di Play Store untuk melakukan aktivasi MySAPK BKN berbasis mobile.

Secara keseluruhan My SAPK merupakan sebuah sistem aplikasi pelayanan kepegawaian BKN untuk memudahkan kegiatan administrasi para PNS seperti penginputan gaji, PNS, dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga sudah bisa di download di play store.

Kenapa Login My SAPK BKN Gagal, Tidak Bisa Masuk

Sahabat Pendidikan, dalam waktu dekat ini seluruh aparatur sipil negara (ASN) akan di wajibkan untuk melakukan pembaharuan atau pemutakhiran data mandiri ASN melalui aplikasi BKN yang di beri nama My SAPK BKN. Melalui aplikasi My SAPK BKN nantinya para ASN akan melakukan pengeditaan untuk pemutakhiran data mandiri sesuai keperluan data masing-masing.

Anda bisa melakukan login My SAPK BKN melalui aplikasi atau web. Cara login My SAPK BKN di web ataupun aplikasi mobile juga tidak berbeda. Berikut ini merupakan cara login My SAPK :

  1. Buka aplikasi My SAPK BKN, Anda juga bisa login My SAPK BKN dengan mengunjungi laman resminya di https://mysapk.bkn.go.id/.
  2. Untuk login maka Anda harus memasukkan NIP Anda di kolom Username.
  3. Isi kolom Password dengan password dari akun My SAPK BKN Anda.
  4. Tekan tombol Masuk, jika username dan password benar maka Anda akan masuk kedalam aplikasi My SAPK BKN.

Cara Mengatasi Gagal Login My SAPK BKN, Tidak Bisa Masuk

Tak usah panik jika Anda mengalami gagal login di My SAPK BKN. Jika Anda gagal login My SAPK BKN, maka akan muncul tulisan “Operasi gagal data not found in AUT BKN (Username dan Password tidak sesuai)”.

Gagal login pada My SAPK BKN ini bisa disebabkan karena Anda lupa password akun My SAPK BKN.

Selain itu, error login My SAPK BKN ini juga muncul jika Anda belum melakukan aktivasi atau registrasi akun My SAPK BKN.

Anda yang lupa password My SAPK BKN tinggal klik saja menu lupa password. Selanjutnya nanti Anda akan diberikan token agar bisa login menggunakan email.

Kalau belum melakukan aktivasi dan registrasi akun My SAPK BKN, Anda juga bisa mengklik menu Lupa Password.

Cara Aktivasi dan Registrasi My SAPK BKN

Cara mengatasi akun MY SAPK BKN yang lupa password sangatlah mudah. Selain itu, cara mengatasi lupa password ini juga sama dengan cara aktivasi dan registrasi akun My SAPK BKN. Ikuti tutorial berikut ini jika Anda mengalami gagal login My SAPK BKN:

  1. Klik menu Lupa Password yang terdapat di halaman login My SAPK BKN.
  2. Masukkan 18 digit NIP Anda di kolom yang disediakan, pastikan Anda memasukkan NIP yang benar.
  3. Masukkan email Anda yang sudah terdaftar di SAPK atau SIASN. Apabila Anda memasukkan email yang salah, maka Anda bisa hubungi Biro SDM atau BKPSDM di instansi Anda.
  4. Tekan tombol Berikutnya, dengan begitu Anda bisa memasukkan password baru di kolom password.
  5. Isi kolom Token dengan token yang dikirimkan oleh aplikasi My SAPK BKN ke email Anda.
  6. Tekan tombol Reset Password, dengan begitu Anda bisa login menggunakan NIP dan password baru Anda.

Download MYSAPK BKN DI – SINI

Cara Reset Password aplikasi My SAPK BKN

Salah satu alternatif yang bisa digunakan oleh para pengguna khususnya para ASN yang tidak berhasil melakukan login ke aplikasi My SAPK BKN dengan menggunakan username NIP dan password NIK maka harus melakukan reset password atau dengan menggunakan menu lupa password. Bagi para ASN yang akan melakukan reset password maka anda bisa mengetahui caranya melalui artikel ini.

Baiklah pada postingan ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara untuk melakukan reset Password login My SAPk BKN bagi para ASN yang tidak berhasil melakukan login dengan menggunakan password nomor induk kependudukan (NIK).

Berikut ini tahapan untuk melakukan reset password bagi yang lupa password login ke aplikasi My SAPK BKN :

1. Silahkan login ke aplikasi My SAPK BKN

2. Klik “lupa password”

3. Pada kolom NIP masukkan 18 digit nomor induk pegawai (NIP) anda, dan pada kolom email masukkan email aktif anda yang sudah terdaftar di BKPSDM instansi masing-masing

4. Selanjutnya klik “lanjutkan”

5. Setelah itu silahkan anda cek email anda dan lihat kode token reset password yang telah dikirimkan dari email mysapk.bkn.go.id

6. Pada konfirmasi reset password silahkan masukkan password baru sesuai keinginan anda dengan syarat (password minimal 6 karakter dan menggunakan minimal 1 huruf besar dan 1 angka)

7. Pada kolom “Token” silahkan masukkan kode token yang masuk ke email anda

8. Selanjutnya klik “Reset Password”

9. Setelah berhasil melakukan reset password maka silahkan anda login Kembali ke My SAPK BKN dengan menggunakan NIP sebagai username dan pada kolom password silahkan masukkan password yang baru saja anda buat

10. Maka anda akan berhasil login ke laman My SAPK BKN, dan selanjutnya silahkan lakukan pemutakhiran data ASN

11. Selesai.

Seperti itulah cara login My SAPK yang bisa kami sampaikan. Sekian semoga tutorial mengatasi gagal login My SAPK BKN ini berguna untuk Anda.

Tinggalkan komentar