10 Aplikasi Gak Penting Android Yang Perlu Di Hapus

10 Aplikasi Gak Penting Android Yang Perlu Di Hapus – Apakah smartphone anda lemot gara-gara kehabisan ruang? Tenang pada kesempatan kali ini admin akan merekomendasikan Aplikasi Gak Penting yang perlu anda hapus agar penyimpanan anda tak penuh lagi, Karena Aplikasi Gak Penting ini adalah beban bagi android yang bisa di bilang wajib untuk di buang.

Aplikasi Gak Penting android sangat mengganggu sekali buat kecepatan smartphone. Lantas apa saja sih Aplikasi Gak Penting yang perlu di buang pada smartphone android yang anda miliki?, penasaran? silahkan bisa simak ulasan berikut ini.

Sebagian besar dari kita tentu pernah merasa jengkel akibat kinerja smartphone jadi lemot alias lambat. Biasanya sih hal ini disebabkan oleh memory penyimpanan penuh, akibat banyaknya foto dari grup WhatsApp yang kamu simpan. Alasan lainnya, karena ada terlalu banyak aplikasi yang dijalankan oleh HP.

Pada smartphone Android anda, pasti terdapat banyak aplikasi gak penting yang saat ini terinstal. Namun, terlalu banyak aplikasi tentu akan membuat HP Android kamu jadi semakin lambat.

Aplikasi Gak Penting
Aplikasi Gak Penting

Ada pula aplikasi tidak penting yang memenuhi memori internal kamu dengan cache yang sangat banyak atau menyedot kuota data kamu dengan cepat sehingga pembelian pulsa menjadi boros. Nah, kali ini Jaka mau kasih tahu kamu 7 jenis aplikasi Android yang wajib dihapus dari HP Android kamu.

Seperti otak manusia, kapasitas smartphone untuk menjalankan aplikasi pun ada batasnya. Jika terlalu banyak aplikasi dijalankan pada waktu bersamaan, hasilnya pun bikin smartphone jadi lemot. Maka dari itu, salah satu cara untuk merawat smartphone agar berusia panjang adalah dengan memilah dan memilih aplikasi yang benar-benar berguna atau kerap kita gunakan.

Nyari aplikasi gak penting buat hp android sekarang gampang banget bak nyari kacang, apalagi kalo nyarinya di Google Play Store banyak banget segala jenis tinggal pilih aja, meski beragam aplikasi ada disana, namun apakah iya aplikasi berguna dan layak untuk dipakai??

Bukannya seneng karena apps baru terinstal justru bikin memperburuk HP Anda karena apps tersebut. Masalahnya, untuk smartphone berbasis sistem operasi Android, ada begitu banyak aplikasi bawaan. Entah berasal dari Android atau vendor produsen smartphone, keduanya sama-sama menguji kesabaran kita.

Padahal, untuk menghapusnya pun susah. Bisa sih sebenarnya. Tapi, kamu butuh root HP untuk menghapus aplikasi bawaan Android. Cara uninstall aplikasi bawaan Android pun terbilang ribet. Buat kamu yang nggak terbiasa maintenance smartphone, nggak disarankan deh buat melakukannya sendiri.

Selain ribet, ada masalah lain yang nggak kalah penting. Masalah tersebut yakni kamu wajib mengetahui aplikasi bawaan Android yang boleh dan tidak boleh dihapus. Ya, sekalipun ada banyak aplikasi bawaan di smartphone, beberapa aplikasi sangat penting meskipun nggak pernah kamu buka. Jika dihapus, bisa mengganggu performa smartphone!

Bagi anda yang sekarang ini mungkin penasaran apa saja aplikasi gak guna yang perlu anda hapus dari android?, admin ingatkan kembali untuk terus mengikuti penjelasan yang admin berikan step by stepnya mengenai aplikasi gak guna di android.

Tentang Aplikasi Gak Penting

Aplikasi gak penting ini adalah aplikasi yang tak berguna dan biasanya sering tidak di gunakan oleh penggunanya, maka dari itu banyak sekarang ini yang mencari Aplikasi tidak berguna untuk di hapus guna mengurangi penyimpanan yang penuh.

Aplikasi Penting di Android

Ada beberapa aplikasi gak penting yang jika anda menghapusnya maka secara otomatis akan memunculkan pemberitahuan di layar. Dalam pemberitahuan tersebut, biasanya tertulis kalo sampai aplikasi dihapus, maka ada beberapa fungsi dari sistem operasi yang nggak bisa berjalan semestinya.

Contohnya dari aplikasi gak berguna sih seperti Google Play Services. Kalo sampai anda menghapusnya, maka ada beberapa aplikasi yang kamu unduh dari PlayStore nggak bisa dijalankan secara normal.

Aplikasi-aplikasi berikut mungkin sering kamu gunakan dalam aktifitas sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, sosial media, serta memudahkan berbagai segi kehidupan kamu.

Namun, kamu perlu tahu bahwa beberapa aplikasi justru turut berperan dalam menguras baterai kamu, memenuhi kapasitas memori kamu, menyedot kuota data kamu, serta memperberat kinerja HP Android kamu.

Selain Google Play Services ada beberapa aplikasi gak penting lain yang tidak boleh dihapus. Jadi, sekalipun jarang digunakan, baiknya sih didiamkan aja. Nggak perlu diupdate, apalagi dihapus.

Phone

Aplikasi ini bisa bikin smartphone milikmu melakukan panggilan. Memang, kini sebagian besar dari kita melakukan panggilan telepon lewat WhatsApp atau aplikasi sejenis lainnya. Tapi, bukan berarti kamu bisa begitu saja menghapus aplikasi ini, ya.

Contacts

Nah, kalo ini penting banget buat telepon. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menyimpan kontak nomor dari teman kenalan.

Callsetting

Nah, fungsi aplikasi ini adalah untuk membantu pengaturan panggilan. Contohnya seperti forwading call atau waiting callJadi, kalo dihapus, kamu nggak akan bisa melakukan fungsi-fungsi di atas, deh.

Aplikasi Gak Penting di Android

Banyak sekali aplikasi yang gak penting pada android, bagi anda yang penasaran apa saja, silahkan bisa langsung saja simak ulasan yang admin berikan berikut:

Penghemat Baterai

Smartphone kadang2 bikin boros baterai kalo dipake trus, maka aplikasi gak penting ini bertebaran di play store! Tapi apakah teknologi ini bisa diandalkan?

Boro2 bikin hemat batere yg ada malah bikin cepet ngedrop, karena temen kami  pernah install aplikasi gak penting kek gini eh ternyata sama aja ga ada efeknya! Jangan tertipu ama tampilan interface nya yg meyakinkan padahal ntu apps gak ngapa2in.

Ternyata ada macam hal yang dilakukan puluhan aplikasi penghemat baterai yang ada di play store, salah satunya adalah menghapus file batterystats.bin di Android untuk memaksa menahan indicator baterai yg di layar, seolah2 batere terasa dihematkan padahal enggak

Toko Aplikasi

Beberapa vendor smartphone seringkali menambahkan toko aplikasi ciptaan sendiri di dalam smartphone baru. Dijadikan sebagai aplikasi bawaan yang sulit dihapus. Secara fungsi, sebenarnya sama dengan PlayStore. Namun, lebih lengkap aplikasi dari Google tersebut. Jadi, nggak masalah kalo kamu menghapus aplikasi bawaan vendor ini.

Anti Virus

Sebenernya Android itu ga bakalan ada “virus” nya, bahkan bos nya Android pun mengatakan demikian, kalaupun ada juga tidak akan membuat OS nya rusak secara fatal. Selain itu pasang app antivirus juga bikin boros batere dan boros RAM karena akan nge scan terus selama sistem scan nya diaktifkan walau dalam keadaan standby sekalipun.

Google juga sampai saat ini sudah menjadi lebih baik dalam mengindentifikasi aplikasi dan akan cepat menghapus aplikasi Android di Google Play Store jika aplikasi tersebut mencurigakan. Jadi lebih baik kalau mau pasang apps langsung download di play store langsung yg dijamin aman dan legal

Facebook

Kamu pasti tahu bahwa Facebook saat ini merupakan media sosial terbesar dan terpopuler di dunia. Perkembangan teknologi smartphone membuat Facebook tak ketinggalan membuat aplikasi agar semakin mudah diakses oleh semua orang di mana pun dan kapan pun. Aplikasi ini pun sangat populer di Google Play Store. Bahkan telah di-download oleh lebih dari 30 juta pengguna Android di seluruh dunia.

Namun, ternyata aplikasi Facebook cukup berat. Ukuran file aplikasi ini lumayan besar, yaitu lebih dari 40 MB. Selain itu, banyaknya fitur, terutama notifikasi yang selalu muncul, serta konten berupa foto serta video juga menghasilkan banyak sekali cache yang memenuhi memori internal kamu. Kuota data kamu juga akan semakin boros karena hal tersebut.

Untuk membuka Facebook, gunakan saja browser yang ada di HP kamu. Atau sebagai alternatif, kamu bisa menginstal aplikasi Facebook Lite yang lebih ringan dan tidak memakan banyak memori.

Aplikasi e-Mail

Yang kedua adalah aplikasi e-mail. Seperti toko aplikasi, e-mail juga salah satu yang ditanamkan vendor ke dalam smartphone. Padahal, untuk urusan e-mail, lebih banyak yang menggunakan G-Mail.

Path

Sama seperti Facebook, Path juga merupakan media sosial yang cukup populer saat ini. Path menawarkan kenyamanan dan privasi yang lebih baik. Karena Path awalnya dibuat sebagai media sosial untuk keluarga dan teman-teman dekat.

Makanya jumlah teman di Path dibatasi. Namun, dengan banyaknya foto dan video yang dipajang oleh teman-teman kamu di Path, aplikasi ini menghasilkan banyak sekali cache yang jumlahnya bisa mencapai puluhan, bahkan ratusan MB. Buat kamu yang kemampuan dan spesifikasi HP Android-nya terbatas, jangan heran kalau aplikasi Path ini sering bikin hang.

Namun sayangnya akun Path kamu tidak bisa diakses lewat browser, baik di HP Android kamu, maupun di komputer atau laptop. Jadi kalau kamu memang membutuhkan aplikasi Path untuk kehidupan sosial kamu, silahkan tetap dipasang. Jaka sarankan untuk selalu membersihkan cache aplikasi Path ini

Browser

Nah, kalo yang ini sebenarnya disesuaikan dengan kebutuhan aja. Pasalnya, ada beberapa browser bawaan smartphone yang justru lebih baik daripada browser di AppStore. Tapi, yang pasti, Browser adalah salah satu aplikasi bawaan yang boleh kamu hapus dan nggak akan memengaruhi sistem.

Akhir Kata

Itulah penjelasan yang admin indekode berikan mengenai 10 Aplikasi Gak Penting Android Yang Perlu Di Hapus. Sudah mimin sampaikan secara detail, anda bisa simak penjelasannya di atas.

Mungkin informasi ini admin sudahi sampai di sini, saja, Terimakasih sudah mengunjungi indekode.com. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya.

Tinggalkan komentar